Bagi Anda pengguna Macbook baik itu Macbook, Macbook Air ataupun Macbook Pro pasti pernah mengalami download file yang sangat besar. Kadang ditinggal semalaman tetapi kadang-kadang lupa mengatur setting sehingga jika dalam posisi sleep atau keluar ke login maka download yang Anda lakukan akan terputus. Hal tersebut tentu saja menjengkelkan apalagi file yang Anda download cukup besar.

Bayangkan koneksi internet Anda lambat, mendownload file sebesar 5GB, dan ketika sudah 4.9GB tiba-tiba terputus. Tenang saja, ternyata di Macbook ada fitur yang bisa membuat Macbook Anda tetap menyala tidak dalam posisi sleep sampai kapanpun bahkan ketika layar Macbook Anda ditutup sekalipun. Fungsi tersebut bernama Caffeinate yang bisa diakses melalui terminal.

Apa itu terminal? Saya nggak akan jelaskan panjang lebar pokoknya bagi pengguna biasa yang penting tau aja cara buka terminal. Jadi melalui icon search dikanan atas (icon kaca pembesar) ketikkan terminal. Setelah itu muncul console (nggak usah bingung dengan istilah console) langsung ketik saja caffeinate kemudian tekan enter maka akan tampak seperti layar dibawah ini.

Tampilan console setelah mengetikkan caffeinate

Gampang kan? selama jendela terminal/console Anda tidak ditutup, maka caffeinate akan terus berjalan. Anda juga bisa mematikan caffeinate dengan menekan tombol ctrl + c. Sekarang silahkan download file yang Anda inginkan, tutup macbook Anda, tinggal tidur, makan atau jalan-jalan niscaya download Anda akan jalan terus selama internet Anda tidak mati.

Opsi-opsi tambahan untuk Caffeinate

Caffeinate memiliki opsi-opsi tambahan yang dapat membantu Anda, tetapi saya akan kasih tau satu saja yang pasti bakal dibutuhkan. Yaitu durasi berapa lama caffeinate aktif. Jadi Anda bisa mengaturnya dalam satuan detik, menggunakan perintah -t. Misal Anda ingin agar caffeinate aktif dalam waktu 4 jam saja maka gunakan perintah:

caffeinate -t 14400

14400 disitu merupakan satuan detik untuk 4 jam, jadi setelah 4 jam caffeinate akan mati sendiri.

Mudah kan? Selamat mencoba!!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *